Mengembalikan File atau Data yang Terpartisi

Kali ini saya mau share pengalaman yang membuat panik dan hampir putus asa, hehe dan baru saja terjadi beberapa jam yang lalu. Ceritanya berawal ketika saya dibantu sodara mau menginstall 2 OS di Laptop saya, yah yang satu Linux Ubuntu dan satunya lagi Windows 7. Dan karena saya masih awam tentang Linux, maka sodaralah yang menginstallnya. 
Hal pertama yang dilakukan adalah mempartisi hardisk untuk menginstall Ubuntu, namun karena lupa atau mungkin karena tergesa-gesa. Terjadi kesalahan dalam mempartisi Hardisk, dan lebih parahnya file dan data-data saya hilang. Wow badan langsung lemes, bagaimana tidak file dan data tersebut sangatlah penting bagi saya. Dan sempat kepikiran untuk menginstall ulang dan cukup menggunakan 1 OS saja, gak mau-mau lagi utak-atik Hardisk. Karena sodara saya itu ada kepentingan, otomatis tidak ada lagi yang membantu dan sempat putus asa, "sudah install ulang saja dan gunakan satu OS" celetukkan dalam hati. Namun, beberapa kemudian saya pikir, setiap masalah pasti ada solusinya, dan om Google lah jawabannya untuk saat itu. Bersyukurlah bagi kalian yang punya hubungan sodara dengan om Google, karena dia tahu hampir segala hal, hehe. Dan Alhamdulillah, file dan data yang tadinya hilang kembali seperti semula :-) 
Ah daritadi perasaan ngomong terus, ya sudah jadi cara yang paling simpel adalah dengan menggunakan software MiniTool Power Data Recovery v. 6.5 (Harus yang full version yah, soalnya kalau yang free edition, cuma bisa recovery file 1 Gb). Oh iya, buat Zia, tong kapoknya, nanti tolong install lagi Ubuntu :D
Catatan:
1. Jangan dulu utak-atik hardisk anda, misalnya membuat partisi baru atau apapun.
2. Siapkan Hardisk Eksternal (Ini buat jaga-jaga saja, mungkin anda mau membackup dulu, lalu membersihkan/partisi hardisk anda) 
Langkahnya: 
1. Download MiniTool Power Data Recovery v. 6.5 yang full version (Link Download ada diakhir post) 
2. Install MiniTool Power Data Recovery v. 6.5 dan jalankan. 
3. Pilih module "Lost Partition Recovery" 
4. Dan pilih "Full Scan", silahkan tunggu karena memakan waktu yang cukup lama, bisa sambil tiduran, nonton, asal jangan sambil nungging aja yah :p 
5. Setelah selesai scan, disitu akan terlihat file/data yang kita cari, tinggal save atau restore deh dan selesai.
Selamat, data dan file anda sudah kembali dan selamat 
Note: Mungkin tidak semua data atau file kembali seperti semula, maksudnya tidak menjamin 100% dapat di recovey.
Download:
 Site: Mediafire
Size: 5 Mb
Comments
3 Comments

comment 3 Comment:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dan bertanya tentang post ini ataupun isi blog dengan sopan. Insya Allah saya jawab.

 
© 2010 Catatan Fachri Firdaus is proudly powered by Blogger