16 April 2012

Tips Menghindari Plagiarisme Dalam Karya Ilmiah

Apa yang ada dibenak kalian kalau mendengar kata copas (baca copy paste)? Kalau saya ingat kata "Plagiat". Ya itu adalah istilah yang bisa dibilang "keren" bagi seseorang yang mengambil kutipan, pendapat, ide-ide atau gagasan orang lain tanpa izin atau tanpa mencantumkan dari mana sumber itu diambil. Masih penasaran?
Coba baca ini:
"Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Pelaku plagiat disebut plagiator." (KBBI. 1997: 775. http://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme)
Emmm, ngeri juga yah kalau kita sampai disebut plagiator. Saya menulis postingan ini karena beberapa waktu lalu dikampus saya sedang heboh-hebohnya berita "Plagiat" ini, bagaiamana tidak, dikabarkan bahwa ada berita beberapa dosen dan guru besar kami melakukan hal itu, wow. Padahal di Universitas yang berbasis pendidikan loh!!. Entah itu benar atau tidak, tapi tenang disini saya bukan untuk membahas atau mengomentari hal tersebut. Saya tidak tertarik dengan mereka. Saya hanya tertarik dengan kata "Plagiat" nya saja.
Lalu pertanyaannya, bagaimana supaya kita terhindar dari kengeriaan itu (Plagiat). Apalagi kalau kita berada di lingkungan pendidikan yang menjunjungtinggi keilmiahan.
Saya teringat pernyataan dari dosen saya tapi saya lupa lagi siapa dosen itu :-), bahwa "sebuah karya ilmiah yang bagus itu adalah karya ilmiah yang banyak kutipan, ide atau gagasan orang lain didalamnya, dengan tentu saja menuliskan dari mana sumber kutipan itu diambil, itulah orang yang ilmiah. Tapi kebanyakan, entah mungkin lupa atau mungkin karena memang keegoisan kita sebagai manusia, hal itu terkadang diabaikan sehingga dengan sengaja tidak mencantumkan sumber dari mana kutipan itu diambil." 
Dari pernyataan diatas, sudah dapat terjawab pertanyaan tersebut, supaya kita terhindar dari plagiat, maka sebuah syarat yang mutlak, kita harus mencantumkan dari mana kutipan itu diambil. Seperti contoh pengertian Plagiarisme diatas, pengertian itu saya ambil dari wikipedia (tulisan yang berwarna merah), dan itulah cara menulis kutipan dari internet yang benar.
Nah, pertanyaan selanjutnya mungkin berkenaan dengan bagaimana cara menuliskan kutipan yang benar bila sumbernya bukan dari internet, misal dari buku?
Pada dasarnya, ada dua bentuk kutipan, yaitu kutipan langsung dan tidak langsung.
Berikut penjelasannya.
1. Kutipan Langsung
Syarat utamanya yaitu, kita tidak diperkenankan untuk menambah, merubah atau mengurangi isi dari kutipan tersebut.
Syarat kedua yaitu harus menggunakan tanda petik sebelum kutipan dan selesai kutipan (".....")
Syarat ketiga sudah pasti mencantumkan nama si penulis. Formatnya seperti (Fachri Firdaus, 2012) dimana 2012 menunjukkan tahun si penulis mengemukakan pendapatnya. atau bisa (Fachri Firdaus, 2012:29) angka 29 menunjukkan halaman pendapat itu dari buku si penulis.
Contoh:

2. Kutipan Tidak Langsung
Dalam kutipan ini, kita bisa menambahkan kata sendiri, baik diawal maupun diakhir kutipan, biasanya menggunakan kata seperti yang diutarakan, menurut, pandangan, pendapatan, dan lainnya. Serta tidak menggunakan tanda petik.
Terkahir mencantumkan nama si penulis. Sama halnya seperti format kutipan langsung diatas.
Contoh:

Mungkin itu tips supaya kita terhindar dari plagiarisme, apabila ada salah-salah kata, mohon maaf dan tolong untuk dikomentari sebagai feedback kepada saya. Supaya postingan ini bisa diperbaiki dan tidak menjadi salah pahaman bagi pengunjung lain. Terimakasih sudah berkunjung.
"Tidak akan menjadi hina bila kita mengakui kesalahan, tetapi orang hina akan selalu merasa benar dengan kesalahannya"
Referensi:
http://sugeng-arianto.blogspot.com/2009/09/file-arsip.html
http://www.anneahira.com/cara-menulis-kutipan.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme

Posting Komentar