23 April 2014

Fanatik dan Belajar

Assalamualaikum.. Gak tau kenapa, sedang ingin saja menulis, menulis hal yang sebelumnya tidak terpikirkan. Baiklah sebelum mood ilang langsung saja.
Fanatik? Apa itu? Bagaimana respon anda bila ada orang yang mengatakan anda fanatik? Bengong? Biasa saja? Marah? Senang?
Ini pengertian saya terhadap kata fanatik. Fanatik adalah suatu kepercayaan yang teramat kuat terhadap suatu hal tertentu, bisa agama, politik, ajaran dll.
Lalu fanatik itu apakah salah atau benar? Jawab saya, fanatik itu benar terhadap yang benar. Fanatik jadi salah terhadap yang salah. Benar dan salah adalah hal yang berbeda. Benar tidak bisa dikatakan salah, begitupun sebaliknya.
Lalu bagaimana mengetahui hal yang dipercayai itu benar? Jawaban saya adalah belajar. Belajar adalah proses dari yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Tidak bisa dikatakan belajar bila itu-itu saja yang diketahui. Itu definisi saya mengenai belajar, anda boleh membantah ini.
Lalu bagaimana mengetahui yang dipelajari itu benar atau salah? Jawaban saya adalah, bertanya dan meyebarkannya. Bertanya kepada lebih dari satu orang yang memang ahlinya dalam hal tersebut, menyebarkan kepada orang lain, dengan maksud mendapatkan feedback/timbal balik dari hasil yang sudah dipelajari. Sehingga kita akan semakin tahu, yang dipelajari itu benar atau salah.

Catatan : Tulisan diatas tidak diambil dari sumber manapun, tulisan diatas hanyalah pemikiran saya, sehingga kemungkinan banyak salahnya, dan akan merasa senang bila ada yang memberikan saran. Terimakasih
Wallahu a'lam
Wassalamualaikum...
Posting Komentar