7 Oktober 2014

Cara Aman dan Mudah Mengaktifkan Folder init.d

Bismillah..
Kali ini saya mau share bagaimana cara mengaktfikan folder init.d. Saya sudah coba di HH Xioami Redmi 1S. Bagi yang tidak tahu apa itu init.d? Ini penjelasan singkatnya.
Init.d plays an important role in the world of Android development and customization It allows users to install scripts and mods to be run at boot—everything from battery tweaks to performance tweaks. It essentially opens the door to a world of mods only possible through the Init.d process, which in turn is usually only available on custom kernels.
Terjemahkan sendiri aja yah :D
Ada yang bilang bahwa init.d bisa aktif tergantung kernel yang digunakan. Namun yang saya tahu. Kita bisa meng-check apakah kernel yang kita pakai support atau tidak dengan cara sebagai berikut:
Syarat:
1. Handheld Anroidmu
2. Sudah Root
3. Install Busybox. (https://play.google.com/store/apps/details?id=stericson.busybox)
Tahapan:
1. Download script ini -> https://db.tt/aQDVSVW2
2. Root dulu Android-nya
3. Insytall busybox-nya
4. Paste script tadi /etc/init.d. Jika sudah ada tinggal paste di folder init.d. Jika belum buatlah folder init.d tersebut secara manual.
5. Rubah permissions folder init.d dan script (00test) yang ada didalamnya tadi menjadi rwxrwxrwx.
5. Reboot.
6. Coba lihat di /data (Buka dengan root explorer). Jika ada file yang bernama "Test.log" berarti folder init.d aktif dan kernel anda support. Kalau tahap ini sukses, anda tidak perlu melakukan metode lain untuk membuat folder init.d.

Sebetulnya ada cara yang lebih simple dan mudah. Yaitu dengan aplikasi init.d toggler yang dapat di download di Play Store. Namun meski sudah ada folder tersebut, saya sering menemukan folder init.d tersebut tidak aktif bila menggunakan metode diatas.
Saya disini akan share menggunakan metode dari perintah terminal emulator. Sudah lama saya menggunakan metode ini, dan sejauh ini paling ampuh, baik di stock rom maupun custom rom. Baik ini caranya:
Syarat:
1. HH Androidmu
2. Sudah Root
3. Install busybox (https://play.google.com/store/apps/details?id=stericson.busybox)
4. Install terminal emulator (https://play.google.com/store/apps/details?id=jackpal.androidterm)
5. Download script ini -> https://db.tt/iEH6BTqV
Tahapan:
1. Tempatkan script yang tadi di download di sdcard.
2. Jalankan Terminal Emulator.

3. Ketik : su
4. Izinkan permissions dari superuser bila muncul.

5. Ketik : sh /sdcard/term-init.sh
6. Script akan berjalan dan tunggu prosesnya.

7. Reboot
8. Untuk mengecek apakah folder init.d sudah aktif atau belum, lakukan langkah diatas postingan ini.
Demikian cara membuat folder init.d aktif. Semoga bermanfaat. Kalau ada yang ingin ditanyakan bisa tuliskan di komentar. Terima kasih.
Posting Komentar