31 Desember 2016

Berdoalah : Labuhkan Perasaan Ini Hanya Kepada Jodoh Yang Telah Engkau Tetapkan

Disadur dari berbagai kajian pra-nikah.
Mengapa kita harus berdoa "Labuhkan perasaan ini hanya kepada jodoh yang telah Engkau tetapkan"?.
Menikah adalah ibadah. Terlepas perbedaan ulama dalam menetapkan hukum menikah, menikah jelas dicontohkan Nabi. Maka lebih utama mengikuti contoh nabi.
Menikah bukan melulu soal cinta, bukan melulu soal bermesraan, bukan melulu soal nafsu dan syahwat, bukan melulu tentang keindahan. Suka dan duka sudah pasti saling berganti dalam rumah tangga. Ada masalah yang tak bisa diselesaikan hanya dengan cinta. Cinta memang sebuah power yang luar biasa, saking luar biasanya pengorbanan yang tak masuk akalpun akan dilakukan. Namun terkadang cinta membuat kita kalap dan lupa yang justru menjauhkan dari hakikat nilai agama dan norma manusia. 
Islam itu luar biasa, sampai hal jodohpun dibahas. Kita tau hadist familiar ini:

“Wanita itu dinikahi karena 4 perkara. Karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya. Pilihlah wanita yang memiliki agama, engkau akan bahagia.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Hadist diatas berlaku juga bagi wanita.
Banyak bukti ketika rumah tangga dibangun dengan cinta sebagai dasar utama itu pada akhirnya berpisah. Tapi banyak bukti yang berumah tangga karena dibangun ilmu dan iman bertahan sampai akhir hayat, bahkan melahirkan generasi-generasi luar biasa.
Rumah tangga tanpa cinta itu memang rapuh, namun rumah tangga tanpa ilmu dan iman itu hancur. Maka utamakanlah ilmu dan iman, karena cinta itu terbentuk ketika kita saling mengenal dan seringnya bertemu yang akan melahirkan kasih dan sayang.
Allah-lah yang mempunyai hati, sangat mudah bagi Allah menanamkan cinta.
Nikah adalah ibadah, yang namanya ibadah tak cukup niat dan amal, ada satu hal yang sering dilupakan dalam perkara ibadah, yaitu ilmu. Urutan ibadah adalah niat, ilmu baru amal. 
Maka dari itu, menikahlah bukan karena cinta yang menjadi alasan utama yang belum tentu melahirkan ilmu dan iman. Tapi menikahlah karena ilmu dan iman yang akan melahirkan cinta. Maka berdoalah supaya perasaanmu dilabuhkan hanya kepada jodohmu, pasangan halalmu. Utamakan dulu ilmu dan iman sebagai pondasi dalam mencari jodoh, agar kau tak kecewa, agar perasaan cintamu hanya dilabuhkan kepada jodohmu.

Posting Komentar